Pengaruh Miras, Wanita PL Karoke Diduga Pelaku Pemicu Kebakaran di Distrik Bayabiru

Pengaruh Miras, Wanita PL Karoke Diduga Pelaku Pemicu Kebakaran di Distrik Bayabiru

Jurnalhitz.com – Usai mengkonsumsi minuman keras (Miras) Seorang Ledis pemandu Lagu (PL) di salah satu tempat hiburan malam (Karoke) yang ada di bayabiru diduga sebagai pelaku terjadinya kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah dan kios – kios penjual sembako serta Pos polisi yang ada di pusat perbelanjaan yang ada di distrik Bayabiru Kabupaten Paniai – Papua, Kamis, (07/11/2019) pukul 1.35 WIT dini hari.

Adapun di duga tersangka dalam insiden kebakaran tersebut Mirnawati
Lahir : Rate- rate 10 februari 1994
agama : Islam
Pekerjaan : Ladys Pemandu Lagu (PL) tempat karaoke milik AK. dan saksi mata saat kejadian tersebut Cinta lestari ginting
Lahir : Medan 22 agustus 1980
Agama : Kristen selaku Ibu rumah tangga.

Muat Lebih

Menurut keterangan saksi mata bahwa pada sekitar pukul 01.25 WIT,  saksi melihat tersangka yang pada saat itu dalam kondisi mabuk dipengaruhi minuman keras telah menuangkan bensin yang berada dalam tangki genset di dalam sebuah gelas plastik tepat di rumah dimana diduga tersangka bekerja yang di ketahui bersebelahan dengan tempat tinggal Saksi.

Pada saat tersebut, saksi melihat gerak gerik diduga pelaku sehingga saksi bertanya kepada Pelaku, “Untuk apa ambil bensin? lalu diduga tersangka mengatakan, bahwa Ia ingin bikin api untuk bakar rumah karoke AK tempat dimana tersangka bekerja,” tutur saksi.

“Selanjutnya saksi menegur tersangka, namun tersangka tidak menggubris teguran dari saksi, selanjutnya saksi melihat tersangka mengambil kunci kamar dan masuk kekamar tersebut. berselang beberapa menit kemudian tersangka keluar dari kamar dan mengunci kamar dari luar dan terlihat oleh saksi bahwa di dalam kamar tersebut telah terbakar,” terang saksi.

Pada saat tersebut saksi berteriak minta tolong dan berupaya mendobrak pintu kamar untuk memadamkan api namun api cepat membakar dinding maupun lantai kamar yang terbuat dari papan dan tripleks, titik awal kebakaran tak jau dari Pos Polisi Bayabiru, dan saat itu juga anggota Pospol Bayabiru yang dibantu warga setempat berupaya untuk memadamkan api namun api cepat sekali merembet dan membakar seluruh pemukiman serta kios sembako di distrik bayabiru, dikarenakan rumah-rumah maupun kios-kios sangatberdempetan,” jelas saksi.

Sesui keterangan warga jumlah kios dan rumah-rumah yang hangus terbakar berjumlah 31 kios sembako, 21 rumah warga termasuk beberapa bangunan tempat hiburan malam (karauke) dan dalam musibah kebakaran tersebut mengakibatkan Pos Polisi Bayabiru juga ikut ludes di lalap si jago merah. Sedangkan korban jiwa tidak ada (Nihil).

Dengan terbakarnya seluruh kios-kios penjual sembako di pusat perbelanjaan di Distrik Bayabiru sangat berdampak serius untuk makan minum seluruh warga masyarakat Bayabiru maupun para pekerja yang berada di Distrik Bayabiru dikarenakan seluruh tempat usaha penjualan sembako hangus terbakar, hal ini tentunya Perlu ada perhatian serius dari pemerinta daerah Kabupaten Paniai guna untuk melakukan evakuasi warga di Distrik Bayabiru ke kota Nabire.

Hingga saat ini, seluruh warga masyarakat Bayabiru diarahkan oleh anggota Pospol Bayabiru guna mengungsi ke camp bandara, gereja GSJA (gereja sidang jemaat Allah) dan beberapa rumah warga yang tidak ikut terbakar.

Kondisi yang di alami warga dimana seluruh jaringan komunikasi (WIFI) tidak aktif sehingga 2 anggota pospol Bayabiru berangkat ke lokasi FMB guna melakulan komunikasi melalui jaringan wifi FMB.

Anggota Pospol Bayabiru beserta seluruh barang-barang inventaris senpi, amunisi berhasil diamankan dan sementara anggota Pospol Bayabiru tinggal di salah satu rumah warga yang luput dari api

Hingga saat ini anggota Pospol Bayabiru membantu mengevakuasi anak balita, lansia dan wanita dengan menggunakan hellycopter.

Saat di konfirmasi, Kapolres Paniai belum bisa memberikan keterangan resmi, namun melalui Humas Polres Pania mejelaskan bahwa, rencananya hari Jumat (08/11/ 2019) tim anggota Polres Paniai akan Terjun langsung meninjau ke Tempat kejadian Perkara (TKP) dengan menggunakan Helikopter guna untuk menyelidiki sebab akibat dari kebakaran tersebut serta mengindetifikasi seluruh kerugian warga pasca musibah kebakaran tersebut.

“Dalam hal ini di duga tersangka telah di tahan oleh anggota Pospol Bayabiru dan rencanya akan di bawa dengan helicopter ke Polres Paniai untuk di Periksa.

Pewarta: RK

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *