Gubernur Anies Bersama Gema Sadhana Rayakan Deepavali 2019/5125 Kaliyuga di Ancol

GTV

Jurnalhitz.com – Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi bersama Gema Sadhana (Gerakan Masyarakat Sanathana Dharma Nusantara) dan Klub India Jakarta Merayakan Festival Cahaya atau Deepavali tahun 2019/5121 Kaliyuga di Pasar Seni, Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu(23/11/2019).

Festival Deepavali 2019 ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan secara terbuka dan dirayakan bersama oleh masyarakat Jakarta, khususnya warga negara India.

Muat Lebih

GTV

Festival Deepavali 2019 dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni khas India. Seperti, lagu, musik dan tari-tarian, kuliner masakan dan makanan ringan (camilan) khas India yang dibagikan secara gratis, serta diisi dengan doa bersama untuk persatuan Jakarta dan Indonesia.

Dalam sambutannya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, “Saya bersyukur sekali, komitmen kami di Jakarta adalah dari awal, kami sampaikan, bahwa Jakarta harus bisa menjadi tempat bagi semua. Rumah bagi semua, di mana semua pengalaman kesetaraan, peluang, di tempat ini. Dan itu artinya dari keseluruhan aspek, kita harus fasilitasi. Bagi masyarakat Hindu, dan khusus di sini adalah masyarakat Hindu di India. Kita memastikan semua yang menjadi kebutuhan, terkait dengan kegiatan keagamaan, akan kita fasilitasi dan tuntaskan di Jakarta,” ungkapnya

Anies menyetujui, komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam mengedepankan kesetaraan akses dan keadilan sosial untuk seluruh komponen masyarakat, termasuk agama dan kepercayaan. Karena didorong, sejak awal pindah, Gubernur Anies meminta bantuan masyarakat Hindu di Jakarta yang menyampaikan aspirasinya langsung di Balai Kota.

“Pada saat itu, salah satu hal mendasar masyarakat Hindu di Jakarta disampaikan, kami memberikan tanah, tetapi kebutuhan kami bukan tanah pemakaman, kami butuhnya krematorium. Dan Alhamdulillah saat ini, sudah selesai dilakukan untuk masyarakat Hindu di Jakarta. Begitu juga dengan fasilitas tempat ibadah yang baru saja disampaikan. Tempat ibadah, tanahnya sudah siap. Sudah siap. Kita kerjakan sama-sama, kita bangun rumah ibadah untuk masyarakat Hindu di Indonesia, ”jelas Anies lebih lanjut.

Gubernur DKI Jakarta juga menyampaikan Festival Deepavali telah ditetapkan sejak 2017 sebagai salah satu hari libur fakultatif di Jakarta sehingga masyarakat Jakarta dapat menikmati kenyamanan dalam memperingatinya. Pada Festival Deepavali tahun ini, Anies bersyukur masyarakat yang ikut serta 3.500 orang dan diharapkan dapat memperoleh lebih banyak lagi tahun depan.

Anies menuturkan, hubungan kerja sama antara Indonesia dan India telah berlangsung lama. Gubernur DKI menyebut, kedua negara ini telah menjadi rujukan dunia terkait ekonomi, sosial dan demokrasi, termasuk menjadi inspirasi bagi kebebasan berbagai bangsa. Karena itu, Festival Deepavali yang diselenggarakan bersama tahun ini menjadi upaya mengeratkan hubungan kedua negara.

“India dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat panjang, memiliki hubungan budaya yang luar biasa erat. Karena itu, kompilasi kita mengingat kebersamaan ini, kita harus mengingat ini bukan sesuatu yang baru. Ini adalah fase baru dari perjalanan panjang antar bangsa selama beberapa tahun selama ini. Dan kami berkeyakinan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, maka ikatan lama itu akan terus diperbarui, ”ucap Gubernur Anies.

Diperlukan, Festival Tahun ini dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat; Ketua Umum Gema Sadhana, Kobalen; dan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu Kementerian Agama RI, Prof. Drs. Ketut Widnya.

Pos terkait