Tanam Padi Gogo di Perbatasan RI-PNG Tahap ke Dua Yonif 406/CK

Jurnalhitz.com – Satgas Yonif 406/Candra Kusuma Korem 071/Wijayakusuma Kodam IV/Diponegoro, selain melaksanakan tugas pokok menjaga patok batas negara, mencegah terjadinya pelanggaran hukum, illegal loging, trafiking, mining, trading dan fishing diwilayah batas, mereka juga membantu instansi melaksanakan penanaman padi Gogoh, Boven Digoel, Papua, Sabtu (23/11/2019)

Dipimpin Serda Fauzy Irawan 6 orang anggota dan masyarakat kampung Umap melaksanakan kegiatan penanaman padi Gogoh tahap 2 di lahan seluas 1000 meter.

Muat Lebih

GTV

Pelaksanaan penanaman diawali dengan tahap pembersihan lahan, selanjutnya tahap penanaman. Padi Gogoh sangat tergantung terhadap curah hujan.

Penanaman bibit padi baru berjalan 50% karena kontur tanah yang mempunyai banyak akar serabut. Hal ini menjadi kendala utama saat penanaman. Tidak jarang gagal panen dialami warga karena keterbatasan informasi cuaca dan cara tanam yang baik dan benar.

Satgas Yonif 406/CK Pos di bawah komando Letkol Inf Andy Soelistyo K. P., S. Sos. M. Tr (Han) mengajak dan mengajarkan cara pengolahan bibit dan penanaman yang benar sehingga diharapkan hasilnya bisa memuaskan.

Sementara itu padi gogoh yang ditanam pada tahap I saat ini sudah tumbuh sekitar 10 cm. “Setelah 2 minggu penanaman, warga melaksanakan pemupukan bibit padi Gogoh” ujar Kepala Suku Kampung Umap Napak Boki.

Warga masyarakat kampung Umap sangat berterimakasih dengan hadirnya anggota satgas Yonif 406/CK yang telah memberikan bantuan bibit, pupuk dan pengetahuan tentang cara menanam padi Gogoh dan membantu penanaman padi Gogoh sampai dengan selesai.

Pos terkait