Polisi Bekuk Buronan Pembobol ATM di Alfamart Karawaci Kota Tangerang

Kapolres Metro Tangerang Kota

Jurnalhitz.com – Hampir satu tahun menyandang gelar DPO, dua pelaku pembobol ATM BRI Tangerang ini akhirnya ditangkap. Bahkan salah satu pelaku terpaksa harus dihadiahi timah panas karena melawan petugas.

Kasus kaburnya pembobol ATM yang berakhir dalam penjara ini diungkap saat konfrensi pers yang digelar di Aula Mapolres Metro Tangerang Kota, Jumat (23/11/2019).

Peristiwa terjadi pada 2018 lalu tepatnya pada 20 Desember 2018 pukul 19.30 Wib di sebuah Toko waralaba (Alfamart) dijalan Arya Wasangkara Bugel Karawaci Kota Tangerang yang didatangi oleh dua orang mengaku sebagai petugas bagian perawatan mesin ATM.

“Pelaku masuk ke Alfamart dan mengaku seolah petugas perawatan mesin ATM. Sehingga Alfamart tidak curiga dengan pelaku,” ungkap Kapolres.

Merasa penyamaranya berhasil kedua pelaku dengan leluasa melakukan aksinya.

“Pintu brankas pertama dibuka menggunakan Obeng min. Selanjutnya pelaku mulai membuka brankas ATM BRI menggunakan Kunci DAMI dan mengambil ASET berisikan uang sebanyak Rp 68.000.000 pecahan Rp. 50.000,” lanjut Kapoĺres.

Pasca kejadian tersebut, berdasarkan laporan kepolisian, Sabtu (5/01/2019). Tim Resmob Restro Tangerang Kota dipimpin Kanit Resmob Iptu Mohamad Tapril melakukan penyelidikan disektar Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Dari keterangan saksi serta rekaman CCTV di TKP didapat Informasi mengenai ciri-ciri pelaku dan jenis kendaraan roda dua yang digunakan pelaku.

Setelah hampir setahun menjadi DPO, kedua pelaku berinisial MS dan RR akhirnya tertangkap di tempat terpisah.

MS ditangkap dirumahnya, namun saat diinterogasi sempat melawan dan akan melarikan diri hingga petugas melakukan tindakan tegas terukur yang melukai betis pelaku.

Kemudian dari mulut tersangka MS menyebut nama RR sebagai rekannya saat beraksi dan mengaku hanya sekali itu beraksi.

Selanjutnya petugas melakukan pengejaran terhadap RR dan akhirnya tertangkap.

Kedua tersangka pembobol ATM kini telah berada di Polres Metro Tangerang Kota guna pemeriksaan lebih lanjut.

Barang bukti satu unit sepeda motor Kawasaki Ninja, warna merah, Satu unit sepeda motor Honda Revo, wama hitam, satu Buah Kaset ATM, Satu Kunci DAMI, satu buah Kunci Tombak, dan satu Buah Kunci paskia telah disita petugas.

“Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukumanya Paling lama Lima (5) tahun penjara,” tutup Kapolres.

Reporter : Sukron

Pos terkait