Rumah Dilalap Si Jago Merah, Dr M Ridha Ajam Alami Luka Bakar

Dr M Ridha Ajam
Foto : Dr. M Ridha Ajam yang mengalami luka bakar di tangan kanan.

Jurnalhitz.com – Diduga akibat ledakan kompor. Satu unit rumah milik dosen Universitas Khairun Kota Ternate Maluku Utara Dr. M. Ridha Ajam di Kelurahan Gambesi Kecamatan Ternate Selatan dilalap si jago merah. Sabtu (30/11/2019).

Kebakaran yang terjadi di lingkungan RT 06 RW 02 Kelurahan Gambesi, Ternate Selatan Kota Ternate. Menurut pemilik rumah Dr. M Ridha Ajam menjelaskan, jika kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13: 15 Wit dan titik api diduga berasal dari kompor didapur.

“Saat kebakaran, saya dan ponakan bernama Lisa berada didalam rumah,” beber Dr. M Ridha Ajam.

Dari awal memang sepertinya dari kompor di belakang atau dapur. Karena, kata dia sebelumnya saya dan ponakan saya lagi memasak sesuatu di dapur dan setelah memasak kita berdua matikan kompor.

Dr. M. Ridha Ajam menjelaskan setelah melakukan aktivitas didapur dan matikan kompor tersebut. Ia bersama ponakannya Lisa (23) meninggalkan dapur kemudian menuju ke  kamar dan Lisa menuju ke lantai dua.

‘’Saya mandi kira-kira 10 sampai 15 menit, setelah itu saya sholat zuhur di ruang tamu. Ketika mengucapkan salam terakhir, saya dengar ada di belakang seperti bunyi kebakaran. Dari situ saya lari kebelakang ternyata memang apinya sudah membesar. Munglin karena waktunya sudah agak lama (berkisar) 10 sampai 15 menit,’’ urainya.

‘’Setelah itu saya masuk berusaha menyiram dengar air di baskom. Saya keluar dan apinya sudah membesar, kemudiaan saya menyelamatkan barang-barang penting saja seperti izasah dan yang lain-lain,  saya keluar dan minta tolong  ke warga. Alhamdulillah warga  bergerak spontan dan langsung melakukan tindakan darurat dan mereka amankan saya dan melakukan penyelamatan barang-barang saya serta menghubungi Pemadam Kebakaran dan pihak PLN untuk mematikan Listrik, berselang 15 menit Pemadam Kebakaran tiba di lokasi,’’ tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ternate Naim Safar mengemukakan, sekitar pukul 14:45 WIT pihaknya menerima informasi kebakaran tersebut itu dari warga setempat.

‘’Mendengar informasi itu kami langsung menggerakan 5 Unit Mobil Damkar dengan 30 personil,’’ katanya.

Naim Bilang, kurang lebih 15 menit pihaknya tiba di lokasi. Api kemudiaan baru dipadamkan sekitar 30 menit.

‘’Saat menuju lokasi kami sedikit terkendala dilapangan yaitu kemacetan, sehingga memakan waktu kurang lebih 15 menit,’’ tambahnya.

Kerugiaan dari insiden tersebut, belum dapat ditafsirkan. Dalam insiden ini juga tidak ada korban jiwa, hanya saja terdapat luka bakar pada Dr. M. Ridha Ajam di bagiaan tangan kanan dan bagian belakang.

Reporter : Fahri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *