Penerapan Risk Management dalam Menghukum Pelaku Kejahatan

Dede Farhan Aulawi

Jurnalhitz.com – Berbicara manajemen resiko (risk management) pada umumnya dikenal dalam bidang ilmu ekonomi. Terutama dipakai dalam menganalisa pemberian kredit atau resiko-resiko yang mungkin terjadi dalam analisa investasi. Lama kelamaan penerapan ilmu tersebut terus berkembang dalam beberapa bidang yang lain. Termasuk di bidang ilmu hukum.

Pemerhati Neurosains dan juga Dewan Penasihat Neuro Leadership Indonesia Dede Farhan Aulawi ketika ditemui di Bandung (17/11) menceritakan kejadian tahun 1978 dimana seseorang bernama Thomas Barefoot dihukum karena membunuh seorang petugas polisi di Texas.

Selama masa persidangan, penuntut memanggil dua psikiater untuk bersaksi tentang “bahaya masa depan Barefoot, yang merupakan persyaratan tuntutan hukuman mati untuk menentukan apakah terdakwa masih bisa menimbulkan ancaman bagi masyarakat.

Pada saat itu, Psikiater menyatakan Barefoot sebagai psikopat kriminal , dan memperingatkan bahwa apakah dia ada di dalam atau di luar penjara, ada peluang seratus persen dan absolut bahwa dia akan melakukan tindakan kekerasan di masa depan yang akan merupakan ancaman berkelanjutan bagi masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *