GENPPARI Kunjungi Sentra Industri Produk Pariwisata di Cikoneng, Ciamis

Jurnalhitz.com – Pembahasan mengenai pariwisata tidak terbatas pada sisi objek wisatanya saja, melainkan juga dari sisi produk – produk barang terkait objek wisata di suatu daerah yang menjadi ciri khas-nya. Hal ini bisa berupa produk cindera mata, makanan, minuman, hiasan atau lain-lainnya.

Oleh karena itu, untuk memahami hal tersebut secara utuh Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI) berkunjung ke sentra industri makanan yang menjadi ciri khas daerah Cikoneng, kabupaten Ciamis.

Terkait hal ini Ketua Umum GENPPARI Dede Farhan Aulawi yang ditemui di Jakarta, Sabtu (16/11) menjelaskan bahwa maksud dari kunjungan tersebut untuk menambah khazanah, wawasan dan cara pandang pariwisata secara utuh. Termasuk memajukan daerah dari sisi sentra industri pariwisatanya. Di Cikoneng Ciamis ini banyak pengrajin industri rumah yang luar biasa gigih, semangat dan kreatif.

“Kunjungan sentra industri kalau ini difokuskan ke sentra industri pembuatan makanan kremes, kerupuk jengkol, makaroni dan roti. Di tambah satu lagi objek wisata Cireong yang memoles kecantikan alam di kaki gunung Sawal dengan ornamen-ornamen seni penuh estetika. Di dalamnya ada perpaduan cafe, kolam renang, sungai, saung-saung dan objek mainan lainnya,“ ujar Dede.

Saat di pabrik kremes, Tim GENPPARI begitu menikmati proses pembuatannya. Mulai dari pemilihan singkong, pembersihan, lalu diparut. Setelah diparut, digoreng dan dicetak lalu dibungkus dan siap jual. Sungguh pemandangan wisata yang menarik. Para pegawai bekerja dengan penuh semangat dan dalam suasana penuh kekeluargaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *