Brimob Konon Mempunyai Kemampuan Raider TNI yang Mematikan

Jurnalhitz.com – Tak berlebihan jika dikatakan pasukan Brimob Polri tak kalah hebat dari personel polisi khusus yang dimiliki oleh Amerika Serikat SWAT. Korps Brimob Polri cukup menjadi andalan dalam mengatasi dan meredam berbagai konflik yang terjadi di tanah air. Pasalnya, seleksi bagi anggota Polri yang ingin masuk Brimob harus memenuhi kualifikasi yang sangat ketat.

“Hanya anggota yang benar-benar berkompeten serta lolos kualifikasi saja yang masuk dalam pasukan ini,” jelas Perwira Humas Brimob AKP Dari Wibowo Saputro kepada wartawan dalam peringatan HUT Brimob ke-74 di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/11).

Proses rekrutmennya terbilang lebih ganas dibandingkan awal masuk kepolisian lantaran, kata Daru, anggota Brimob harus punya kemampuan lebih dikarenakan tugasnya sangat vital.

“Apalagi saat mengamankan kota, tokoh-tokoh penting, hingga menahan huru-hara. Jadi tak heran jika ada banyak proses yang harus dilalui termasuk ditempa oleh para pasukan elite, hingga berhasil menyandang baret biru,” ujar Daru.

Daru menjelaskan, dalam perjalanan kiprahnya, Brimob telah banyak melakukan misi-misi berbahaya. Sebut saja, pertempuran 10 November 1945, yang saat itu korps Brimob masih bernama Pasukan Polisi Istimewa.

Kemudian, Brimob juga sempat ditugaskan menumpas separatis pengancam stabilitas negara, seperti Andi Aziz, DI/TII, RMS dan juga PRRI. Tak berhenti disitu, Brimob sempat membuat Malaysia ketar-ketir saat konflik 1963. Brimob juga sempat terlibat penuh dalam pergolakan di Timor Timur tahun 1975.

“Memang pasukan militer Indonesia berjasa besar, tapi Brimob pun memiliki kiprahnya sendiri yang tak kalah penting,” tegas Daru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *