BLANTERVIO103

Kementerian PPN/Bappenas Jabarkan Keberhasilan Asian Games 2018

Kementerian PPN/Bappenas Jabarkan Keberhasilan Asian Games 2018
10/11/2019
Jurnalhitz.com - Setahun yang lalu, Indonesia sukses menyelenggarakan 18th Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Hasil survei yang dilakukan Kementerian PPN/Bappenas bersama LPEM FEB UI terhadap anggota Olympic Committee of Asia (OCA) dan federasi olahraga Internasional menunjukkan pesta olahraga terbesar kedua di dunia setelah olimpiade ini, berhasil menggerakkan kegiatan ekonomi, mendorong sektor pariwisata, mengangkat reputasi negara, dan memacu optimisme prestasi di bidang olahraga.

“Sebanyak 84 persen responden memiliki pandangan yang lebih baik atas Indonesia setelah penyelenggaraan Asian Games 2018 dan 97 persen merekomendasikan dan mendukung Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan kompetisi olahraga internasional. Pengalaman menyelenggarakan Asian Games 2018 menimbulkan optimisme akan kemampuan Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi olahraga Internasional berskala besar lainnya,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam sambutan kuncinya dalam Seminar Refleksi Satu Tahun Asian Games 2018 dan Rencana Peningkatan Prestasi Olahraga Indonesia, di Kementerian PPN/Bappenas, Kamis (10/10).

Keberhasilan Asian Games 2018 ini dijabarkan Kementerian PPN/Bappenas dalam Buku Serial: Menakar Dampak Ekonomi dan Sosial Penyelenggaraan Asian Games 2018 yang terdiri dari empat buku. Buku Pertama, Analisis Dampak Ekonomi, mengestimasi dampak ekonomi yang timbul secara keseluruhan dan di provinsi wilayah penyelenggara dengan memanfaatkan model Computable General Equilibrium (CGE) serta membahas potensi dampak jangka panjang dari Asian Games seperti warisan infrastruktur penunjang maupun potensi peningkatan pariwisata. Buku Kedua menjabarkan hasil survei pada saat pelaksanaan Asian Games kepada atlet, panitia, jurnalis, penonton, dan country officials terkait pola pengeluaran dan persepsi mengenai penyelenggaraan serta survei dampak ekonomi kepada pelaku usaha.

Buku Ketiga membahas pengaruh terhadap UMKM, baik yang menjadi official partner, UMKM yang menjadi non-official partner namun menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, dan juga UMKM non-official partner yang memiliki kerja sama terbatas dengan pemerintah, meskipun dengan besaran dampak yang berbeda-beda. Buku Keempat, Kementerian PPN/Bappenas memanfaatkan ketersediaan Big Data untuk mengevaluasi dampak Asian Games 2018.

Belum optimalnya prestasi Indonesia di multievent olahraga tingkat Asia dan dunia disebabkan beberapa faktor. Pertama, belum ada defining victory yang jelas dalam pembinaan olahraga prestasi. Kedua, belum ada pusat latihan olahraga nasional yang modern. Ketiga, belum ada program pembinaan olahraga prestasi yang permanen. Keempat, belum ada fokus cabang olahraga yang akan dibina. Kelima, terbatasnya anggaran pembinaan olahraga dari pemerintah dan swasta. Keenam, rendahnya pengembangan dan pemanfaatan IPTEK dalam pembinaan olahraga prestasi berjenjang dan berkesinambungan. Ketujuh, masih sedikitnya grass root athlete bersumber dari sekolah dan klub. Menteri Bambang mengungkapkan perlunya tata ulang pembinaan olahraga prestasi Indonesia untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.

“Saat ini, perumusan konsep tata ulang pembinaan olahraga prestasi tersebut tengah kami susun melalui Kajian Strategis Penyusunan Peta Jalan Peningkatan Prestasi Olahraga Indonesia. Konsep tata ulang upaya pembinaan olahraga prestasi tersebut akan dibangun dalam sebuah piramida pembangunan olahraga yang terbagi menjadi empat tahap, yaitu fundamental training, training to train, training to compete, dan training to win. Pembinaan yang dilakukan negara lain tentunya menjadi pertimbangan yang tidak terpisahkan dalam penyusunan konsep tersebut,” pungkas beliau.

Turut hadir Ketua INASGOC Erick Thohir, Sahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar, Deputi PMMK Kementerian PPN/Bappenas Subandi Sardjoko, Pengamat Olahraga Fritz E. Simanjuntak, serta Politisi dan Mantan Atlet Tenis Nasional Yayuk Basuki.

Reporter
: Agung

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368