BLANTERVIO103

Dampak Positif Sektor Ekonomi dan Perdagangan Setelah Pemindahan Ibu Kota

Dampak Positif Sektor Ekonomi dan Perdagangan Setelah Pemindahan Ibu Kota
9/10/2019

Jurnalhitz.com - Kementerian PPN/Bappenas hari ini mengundang para ahli di bidang pemindahan ibu kota dari berbagai negara. Mereka berkumpul di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata. Rencananya acara ini akan dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

"Tema relokasi ibu kota, topik ini sedang hangat dibahas di Indonesia. Ini adalah satu kesempatan bagi kita semua. Ini akan terjadi dan harus dipersiapkan," kata Rudy dalam sambutannya, Selasa (10/9/2019).

Pakar dunia yang hadir adalah para peneliti dan praktisi dari negara-negara yang pernah memindahkan Ibu Kota Negara. Diskusi ini membahas strategi yang diperlukan serta mempelajari pengalaman dari berbagai negara.

Kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk partisipasi Bappenas dalam "55th ISOCARP World Congress untuk Special Session: Relocating the National Capital".

The International Society of City and Regional Planners atau disingkat ISOCARP adalah asosiasi global di bidang perencanaan kota dan regional profesional yang berpengalaman. ISOCARP didirikan pada tahun 1965 dalam upaya untuk menyatukan perencana yang diakui dan berkualitas dalam jaringan internasional.

"Harapannya kita semakin eratkan kerja sama yang lebih intensif," ucapnya.

"Memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur akan berdampak positif untuk perekonomian dan perdagangan antar negara, relokasi ibu kota ke Kalimantan Timur akan meningkatkan sektor-sektor tradisional, ekonomi, perdagangan," tandas dia.

Reporter : Agung

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368