BLANTERVIO103

Siapkan Dana 1 Triliun, PLN akan Berikan Kompensasi Pelanggan Terdampak Pemadaman

Siapkan Dana 1 Triliun, PLN akan Berikan Kompensasi Pelanggan Terdampak Pemadaman
8/05/2019

Jurnalhitz.com - PT PLN (Persero) menganggarkan Rp 1 triliun untuk kompensasi kepada pelanggan‎ yang terdampak insiden padamnya aliran listrik di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat sejak Minggu (4/8).

Menurut Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, perhitungan itu berdasarkan perkiraan jumlah pelanggan yang terdampak insiden padamnya listrik di sejumlah daerah tersebut.

"Kompensasi plus minus Rp 1 triliun. Itu dihitung dari jumlah berapa pelanggannya (yang terdampak)," ucap Rida saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (5/8).

Dia pun menyampaikan, kompensasi diberikan kepada pelanggan industri maupun rumah tangga, baik prabayar maupun pascabayar. Untuk pascabayar, nantinya kompensasi akan mengurangi tagihan listrik.

"Kalau prabayar nanti akan menambah saat isi ulang. Misalnya beli pulsa Rp 50 ribu akan mendapat Rp 80 ribu," papar Rida.

‎Menurut dia, Kementerian ESDM akan mengawal kebijakan PLN dalam memberikan kompensasi kepada pelanggannya yang terdampak. Sebab padamnya listrik berdampak begitu negatif di masyarakat.

"Kami akan mendorong teman-teman PLN untuk menunjukkan rasa tanggung jawabnya, tidak cukup minta maaf. Kalau kurang melayaninya, harus dong menerima sanksi dalam bentuk kompensasi, dan itu kita kawal," tegas dia.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN, Djoko Abumanan, menjelaskan bahwa 21 juta pelanggan yang terkena dampak padamnya listrik, atau 30 persen total pelanggan PLN di seluruh Indonesia.

"Jumlah seluruh pelanggan PLN 71 juta, yang terdampak ini 21 juta atau sekitar 30 persen pelanggan dari seluruh total Indonesia," ‎imbuh Djoko.

Reporter : Agung

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368