BLANTERVIO103

INKA Satu-satunya Pabrik Kereta di Indonesia dan Asia

INKA Satu-satunya Pabrik Kereta di Indonesia dan Asia
8/19/2019
Foto : Direktur Utama PT Industri Kereta Api Persero, Budi Noviantoro
Jurnalhitz.comPT. Industri Kereta Api (INKA) adalah salah satu industri kereta api, dan salah BUMN industri strategis yang berada di Madiun, Jawa Tengah. Khusus memproduksi indsutri sarana bergerak, yang juga memproduksi sarana macam-macam industri sarana bergerak seperti kereta api, lokomotif, gerbong, barang, kereta penumpang, yang tidak bergerak maupun yang bergerak dan lain-lain.

Direktur Utama PT Industri Kereta Api Persero, Budi Noviantoro mengatakan, "INKA adalah satu-satunya pabrik Kereta di Indonesia dan Asia, kalau dicari dimanapun seperti Laos, Filipina, Malaysia tidak ada memproduksi kereta secara khusus. Inka lagi kebanjiran nanti sore saya ke Bali, untuk ikut Indonesia-Afrika dialog antara Duta Besar Afrika,".

PT. Industri Kereta Api (INKA) kini tengah membangun pabrik baru di Dusun Pancoran, Desa Ketapang, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Proses pembangunan terus dikebut agar segera berproduksi.

"Proses pembangunan pabrik kereta di Banyuwangi itu masih berlangsung dan mengalami kemajuan. Prosesnya diperkirakan sudah mencapai 25 persen," kata Direktur Utama INKA Budi Noviantoro pada saat acara diskusi dengan tema "Ngopi BUMN" di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan Banyuwangi progresnya 25 persen. Mudah-mudahan sih, pada 2020 selesai.

"Proses pembangunan pabrik baru tersebut bisa lebih awal rampung dari terget awal pengerjaan pada 2020. Alasannya, proses pengerjaan berjalan dengan lancar dan baik," ujar dia.

Dirut Inka mengatakan seharusnya lebih maju. Jadi, Ibu Menteri (BUMN) sudah ke sana, beliau senang, progresnya bagus, aksesnya juga bagus.

"Hasil produksi di pabrik baru ini diharapkan lebih besar dari pabrik utama saat ini yang berada di Madiun. Jika sudah beroperasi secara penuh, pabrik kereta di Banyuwangi akan bisa memproduksi tiga gerbong kereta per harinya," terang dia.

"Ini impian ya. Kalau sekarang kan kira-kira (produksi) di Madiun 1,5 kereta per harinya. Kalau di sana (Banyuwangi) itu kapasitasnya inginnya 3-4 kereta per hari jika semua sudah beroperasi," imbuhnya.

"Proses pembangunan pabrik baru miliki PT INKA yang berorientasi ekspor ini sudah dilakukan sejak November tahun lalu," kata dia.

Manajemen PT INKA mengatakan pihaknya membutuhkan sekitar 5.000 tenaga kerja dan akan diutamakan dari masyarakat sekitar.

"Saat ini INKA telah mengekspor ke berbagai negara Asia, dan kini sedang proses negoisasi ekspor ke Thailand dan beberapa negara Afrika," tandas dia.

Reporter : Agung

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368