BLANTERVIO103

Fix, Cukup 5 Menit Kopda Yunanto Pulihkan Website Okebung.com

Fix, Cukup 5 Menit Kopda Yunanto Pulihkan Website Okebung.com
8/25/2019
Foto : Okebung.com
Jurnalhitz.comKeamanan website menjadi hal yang paling utama harus dijaga oleh pemilik atau owner media online saat ini. Pasalnya website portal pemberitaan rentan menerima serangan seperti hacker oleh oknum-oknum yang terkadang tidak suka dengan publikasi di media tersebut.

Hal itu pun dikeluhkan oleh Ryan Noer Sinaga seorang owner media online okebung.com, yang berbasis pada pemberitaan TNI. “Terakhir saya memasukan berita kiriman Dispenad, setelah itu pulang ke rumah dan sesampai di rumah saat mau upload berita, saya lihat okebung.com sudah rusak parah tampilannya,” kata Ryan.

“Saya cek langsung masuk ke Admin/Dashboard dan langsung masuk ke Appearance ternyata sudah rusak semua di dalam. Isi berita dan foto sudah berubah semua tampilannya, ada yang fotonya hilang juga, ada yang berita dan judul berbeda-beda. Ada apa ini? Siapa yang bisa masuk ke Cpanel dan  Dashboard..?,” imbuhnya. Sabtu (24/8/2019).

Menurutnya, selama ini 18 jam lamanya selalu mengisi kegiatan jajaran TNI di seluruh Indonesia dan kadang ada kiriman dari berita Pasukan PBB Garuda yang sedang melaksanakan tugas di luar negeri. Sehari bisa ratusan berita dikirim ke email dan via WhatsApp.

Namun amatan Redaksi, setelah Ryan Noer Sinaga menumpahkan curhatan nya ke grup WhatsApp Media Center Kodam Jaya, atas kejadian yang menimpa nya. Kopda Yunanto, prajurit TNI AD yang lama bertugas di Satuan Yonkav 7 Pragosa Satya langsung merespon hal tersebut.

Pria yang sehari-harinya bertugas di Penerangan Kodam Jaya/Jayakarta ini memiliki ilmu padi,dimana makin berisi makin merunduk, telah banyak jasa-jasa Kopda Yunanto di dunia IT terutama di bidang media online.

Saat ini puluhan bahkan ratusan media online yang tengah ditanganinya setiap hari, khususnya media online TNI. Dengan berbekal pengalaman Otodidak dan memiliki Talenta khusus yang sulit diukur ilmunya dalam bidang IT, Kopda Yunanto akhirnya dikenal dalam dunia jurnalisme militer.

“Kita ketahui bahwa media online atau media siber secara umum adalah saluran komunikasi yang terjadi secara online melalui situs web di internet, baik itu berisi teks, foto, video, atau musik. Dengan kata lain, semua jenis saluran komunikasi yang ada di internet adalah media online. Sedangkan pengertian media online secara khusus adalah semua yang berhubungan dengan komunikasi massa,” jelas Kopda Yunanto. Minggu (25/8).

Namun, bagi kita yang memiliki website pribadi khusus pemberitaan, sambungnya agar berhati-hati dengan hacker yang bisa meretas website kita sehingga rusak dan bahkan pemilik bisa dipidanakan jika tidak cepat ditangani pakarnya.

“Seperti portal berita militer okebung.com, Jum'at malam 23 Agustus 2019 sekira pukul 23.40 WIB, masih bagus website-nya. Sejam kemudian saat dibuka lagi sudah rusak dan bahkan hilang database semua. Tak hanya itu saja template juga dirusak habis oleh orang-orang usil yang tidak bertanggungjawab,” terang Yunanto.

Dijelaskannya, hal-hal yang membuat konvergensi media cepat karena perubahan akibat perkembangan teknologi dan informasi yang cepat sehingga merubah ruang dan tatanan waktu serta tatanan nilai,namun media online perlu diperkuat Security nya agar jangan bisa dibobol hacker seperti yang terjadi dengan okebung.com

“Begitu mendapat laporan website okebung.com dirusak langsung saya merespon dan meminta akses masuk ke hosting dan dasboard. Saya prihatin, media paling aktif pemberitaan TNI di hacker orang tak bertanggungjawab sehingga saya langsung tangani, alhamdulilah bisa saya tangani langsung dan saya perkuat security nya," ungkap pria yang lama tugas sebagai Pasukan PBB diluar negeri.

Kita, lanjut Kopda Yunanto harus mendukung dengan bang Ryan yang semangatnya tidak pernah kendor sedikitpun untuk mempublikasikan kegiatan TNI. “Bayangkan saja setiap hari begadang mengisi berita TNI sampai ratusan. Saya rasa belum ada yang sanggup seperti okebung.com naikin berita ratusan tiap hari dengan pemberitaan khusus TNI (AD, AL dan AU jajaran)”.

"Bang Ryan militan, komitmen mendukung TNI dari publikasi, maka itu harus kita dukung juga okebung.com. Jarang dan sulit dicari manusia seperti bang Ryan Sinaga itu," beber Yunanto.

"Okebung juga dikategorikan media paling aktif dan paling solid dengan TNI sehingga saat Rakernispen dinobatkan media paling aktif di Indonesia dengan kegiatan TNI, meski masih seumur jagung medianya. Namun mampu mengalahkan media besar yang kuat, semoga dengan cobaan gangguan ini okebung.com semakin sukses dan jaya kedepannya dan tetap solid dengan TNI," tandas Yunanto.

Atas kejadian itu, kembali Ryan Noer Sinaga menambahkan, data base berita hilang semua, foto juga, untung ada back up semua, sehingga Kopda Yunanto bisa memperbaikinya. Bayangkan saja, dalam waktu 5 menit website okebung.com pulih kembali dengan tampilan baru lagi.

Disebutkannya bahwa dirinya memiliki orang IT juga, tapi tidak bisa memperbaikinya, bahkan ada yang katakan tidak mungkin ada yang berani merusak media TNI, namun kenyataannya ada dan bahkan rencananya akan dilaporkan kepihak berwajib.

"Tapi alhamdulilah banyak rekan-rekan media men-suport agar saya tetap semangat dan berdoa agar okebung.com pulih kembali, bahkan pejabat TNI dan rekan-rekan TNI lainnya mendukung saya semua dan mendoakan okebung.com pulih. Dan berkat doa dan dukungan akhirnya okebung.com bisa pulih kembali diperbaiki Kopda Yunanto serta bantuan data dari pihak hosting," pungkas pria terlahir dari keluarga besar TNI ini.

Reporter : Sugeng

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368