Finpay Payment Gateway Layanan Teknologi Keuangan Digital Kekinian


Jurnalhitz.com - Adaptasi pengelolaan filantropi (tindakan seseorang yang mencintai sesama manusia serta nilai kemanusiaan, sehingga menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain) yang berbasis teknologi saat ini tidak dapat dihindari. Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat mengajak gerakan filantropi untuk beradaptasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini bagi peningkatan kualitas layanan, baik kepada donatur maupun layanan kepada penerima manfaat. Jumat (09/8).

Hal ini menuntut Dompet Dhuafa untuk membuat ekosistem digital yang lebih terintegrasi, meliputi seluruh aktivitas penghimpunan dan pendayagunaan zakat, infak atau sedekah wakaf dan kurban. Melihat fenomena tersebut, Duta Danadyaksa Teknologi (DD Tekno) yang merupakan entitas Dompet Dhuafa bersinergi dengan PT. Finnet Indonesia (Finnet) menyediakan layanan teknologi keuangan digital guna memudahkan masyarakat untuk beramal menggunakan platform Finpay Payment Gateway milik Finnet.

Bertempat di kantor Finnet Telkom Landmark Tower lantai 28 dilaksanakan penandatanganan kedua belah pihak. Direktur Utama DD Tekno Prima Hadi Putra dan Direktur Utama Finnet Paulus Djatmiko mengambil peran utama dalam penandatanganan serta disaksikan jajaran Senior Leader dari Finnet dan Dompet Dhuafa.

“Kami akan mengoptimalkan solusi pembayaran online dari Finnet. Bila dulu orang berdonasi dan bekurban hanya dengan mendatangi gerai dan jarak dari rumah ke gerai terkadang membuat orang enggan menunaikan niatnya. Dengan Finpay masyarakat dapat berkurban lebih mudah.” ujar Prima.

Dompet Dhuafa menggencarkan kurban secara digital. Pekurban melalui Dompet Dhuafa dapat melakukan pembayaran kurban menggunakan solusi pembayaran online yang disiapkan oleh Finnet. “Kini, dengan digitalisasi kita langsung update laporan kurban kepada para donatur. Lebih cepat, aman dan akuntabel.” tambah Prima.

Kurang lebih lima tahun Dompet Dhuafa menerapakan dan mengembangkan digitalisasi pada semua sektor donasinya. Selama itu pula, lembaga filantropi islam tersebut belajar banyak hal untuk memudahkan siapapun bergabung dalam gerakan kebaikan, salah satunya diterapkan di Tebar Hewan Kurban (THK). Keberadaan THK sejak 1994, tentu memberikan kemudahan bagi para pekurban untuk berbagi berkah daging kurban ke pelosok nusantara. Banyak pilihan, tentu juga banyak alasan untuk menentukan kemana kurbannya disalurkan.

Senada dengan Prima, Paulus Djatmiko menyampaikan rasa syukur dan senangnya, “Saya percaya kerjasama ini mampu membawa berkah bagi kedua belah pihak, ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat. Harapannya semoga kerja sama ini berjalan baik dengan banyaknya masyarakat yang terbantu.” ungkap Paulus.

“Saat ini Finnet telah bekerjasama dengan 122 biller baik itu di industri telekomunikasi, utility, asuransi, pajak, TV berbayar, Miltifinance, Transportasi dan Edukasi. Kemudian Finnet juga telah terkoneksi dengan 100 ribu outler dan 90 bank baik itu bank BUMN, Bank Swasta maupun Bank Daerah. Dengan pengalaman 13 tahun di industri financial teknologi, Finnet telah mengelola lebih dari 1,2 miliar transaksi petahun dengan jumlah dana yang dikelola sebanyak 132 triliun di tahun 2018.” jelas Paulus Djatmiko.

“Lewat Finpay Link atau Finpay Code, pekurban bisa lebih mudah melakukan pembelian hewan kurban Dompet Dhuafa. Finnet memberikan fasilitas kemudahan ini kepada Dompet Dhuafa karena lembaga ini sudah terpercaya dan sangat transparan dalam mengelola keuangan masyarakat. Harapannya semoga kerja sama ini dapat membantu banyaknya masyarakat miskin (dhuafa).” tutup Paulus.

Finpay Payment Gateway merupakan solusi penyediaan system pembayaran elektronik dengan berbagai Source of Fund (SOF) seperti Kartu Kredit, Debit Online, e-Money, Virtual Account, Finpay Code dan lain-lain untuk bisnis online. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 800 merchant online yang telah terhubung dengan Finpay Payment Gateway diantaranya Blanja.com, Q0010, Indihome, Grab, tiketux, my Telkomsel dan lain-lain.

Tentang Finnet Indonesia

PT. Finnet Indonesia yang merupakan salah satu anak perusahaan PT. Telkomunikasi Indonesia (Persero) didirikan pada tanggal 31 Oktober 2005 dengan fokus bisnis pada penyediaan infrastruktur teknologi informasi, aplikasi dan konten untuk melayani kebutuhan sistem informasi dan transaksi keuangan bagi industri perbankan dan jasa keuangan lainnya dengan kepemilikan saham PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (melalui PT. Multimedia Nusantara) sebesar 60% dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (melalui PT. Mekar Prana Indah) sebesar 40%.

Finnet telah sukses mengembangkan perluasan layanan di bidang transaksi keuangan yang beragam sesuai dengan kemajuan teknologi transaksi pembayaran. Produk-produk tersebut dihadirkan guna mewujudkan sistem pembayaran terpadu serta untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran elektronik dengan aman, mudah dan memiliki cakupan luas.

Finnet telah membuktikan perolehan berbagai sertifikasi bergengsi yaitu PCIDSS versi 3.2 TUV Rheinland Indonesia (s/d 2019), ISO 9001:2015 TUV Rheinland Indonesia (2021), Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik KEMKOMINFO (s/d 2023), dan SNI ISO/IEC 27001:2013 SNI TUV Rheinland Indonesia (s/d 2021). Juga lisensi yang dimilik FINNET untuk menjamin terlaksananya bisnis dan operasional Perusahaan telah memenuhi persyaratan dari regulator adalah: Acquiring Kartu Debit dari Bank Indonesia (2009), Kepesertaan BI-RTGS dari Bank Indonesia (2009), Penyelenggara Pengiriman Uang dari Bank Indonesia (2011), Penerbit Uang Elektronik dari Bank Indonesia (2012) serta Penyelenggara Payment Gateway dari Bank Indonesia (2017).

Reporter : Agung