BLANTERVIO103

Begini Lima Pernyataan Sikap Mahasiswa Papua STT PLN Terkait Insiden di Surabaya

Begini Lima Pernyataan Sikap Mahasiswa Papua STT PLN Terkait Insiden di Surabaya
8/23/2019

Jurnalhitz.com - Buntut dari beredarnya foto bendera Merah Putih yang diduga dirusak didepan asrama mahasiswa Papua di Surabaya pada pekan lalu, sehingga memicu aksi pengepungan di asrama tersebut oleh sejumlah ormas.

Terlihat dari video YouTube yang sempat viral itu menggambarkan sejumlah mahasiswa lain berteriak tertuju kepada mahasiswa Papua dengan bahasa binatang.

Menanggapi hal tersebut, di Jakarta Himpunan Mahasiswa Daerah Permata Papua Sekolah Tinggi Tehnik Perusahaan Listrik Negara (STT PLN) menggelar Konferensi Pers di ruang Lobby Kampus STT PLN, di Jalan Duri Kosambi, Cengkareng Jakarta Barat, Kamis 22 Agustus 2019.

Para Mahasiswa STT PLN membuat pernyataan sikap yang diantaranya terdiri dari :

1. Mengecam tindakan rasisme serta diskriminasi terhadap mahasiswa di Malang, Jawa Timur.

2. Mengecam tindakan intervensi terhadap mahasiswa Papua di seluruh Indonesia.

3. Mengecam segala tindakan berita bohong (hoax) atas diskriminasi terhadap seluruh mahasiswa di beberapa daerah.

4. Menghimbau aparat agar tidak mengambil tindakan represif diluar prosedur hukum.

5. Menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kerukunan antar sesama.

"Kami sangat menyesali atas kejadian di Malang, Jawa Timur, maka itu, kami meminta kepada aparat penegak hukum agar dapat menuntaskan persoalan tersebut, karena kita sama-sama satu anak bangsa menilai banyak berita bohong dalam peristiwa itu," ungkap Thomas Kabes Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Daerah Permata Papua STT PLN.

Senada, Camat Cengkareng Ahmad Faqih didampingi Kapolsek Cengkareng Kompol H. Khoiri SH serta Danramil Cengkareng Kapten Inf Sudarsono dan Humas STT PLN menerangkan, agar  mahasiswa STT PLN di Jakarta Barat tidak terpengaruh dengan situasi dan kondisi di Malang, Jawa Timur dan Papua

"Untuk itu kepada mahasiswa di sini untuk tetap fokus menimba ilmu," kata Ahmad Faqih.

Dengan demikian, acara yang dihadiri puluhan mahasiswa STT PLN itu ditutup dengan saling bersalaman, hingga acara berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Reporter : Herpal

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368