BLANTERVIO103

Bakamla RI/IDNCG - KOICA Bahas Pembangunan Akademi Bakamla

Bakamla RI/IDNCG - KOICA Bahas Pembangunan Akademi Bakamla
8/25/2019

Jurnalhitz.comKepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A.Taufiq.R  menerima kunjungan kerja Korea International Cooperation Agency (KOICA), di Mabes Bakamla RI/IDNCG, Jalan Proklamasi No. 56 Jakarta Pusat, Jum’at (23/8/2019).

Hubungan bilateral Republik Korea/Korea Selatan dengan Republik Indonesia (RI) telah berjalan selama 46 tahun sejak September 1973. Saat ini status hubungan bilateral RI-Korea Selatan ialah Special Strategic Partnership.

Adapun hubungan kerja sama antara Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) dan Korea Coast Guard (KCG) telah diperkuat melalui penandatanganan kerjasama kedua institusi oleh Menteri Luar Negeri RI dan Komisioner Jenderal KCG pada 10 September 2018.

Beberapa waktu lalu, Kepala Bakamla RI melaksanakan Kunjungan kerja ke Korea, yakni ke Incheon, Mokpo, dan Yeosu pada tanggal 19 - 21 Agustus 2019, yang menghasilkan satu komitmen dari KCG untuk menyusun proposal bantuan kerja sama Overseas Developmment Assintance (ODA) pembangunan Akademi Bakamla RI, yang merupakan tindak lanjut dari MoU kerja Sama keamanan laut  Bakamla RI dan KCG.

Berkaitan dengan hal itu, Badan Pemerintah Korsel KOICA yang bertugas untuk memaksimalkan efektivitas bantuan baik berupa hibah maupun kerjasama teknis, berkunjung ke Mabes Bakamla kemarin (23/8) guna melaksanakan rapat internal dan inter - kementerian untuk membahas, menyusun dan menindaklanjuti proses pengajuan proposal ODA Bakamla RI - KCG. Pertemuan ini melibatkan unit kerja terkait Bakamla RI, Bappenas, Kementerian Luar Negeri RI dan Korea Selatan.

Dalam pembahasan program kerjasama teknis tersebut, KOICA mengirimkan Country Director KOICA Hoe Jin Jeong,  didampingi oleh Sekretaris 1 Kedutaan Besar Korea Selatan Eujin Chon, Project Manager KOICA Dea Paramita, dan Project Manager KOICA Dian Mardiana.

Turut hadir mendampingi Kepala Bakamla RI, antara lain Deputi Operasi Laut dan Latihan Laksda Bakamla T.S.N.B Hutabarat.M.M.S, Kepala Biro Sarpras Laksma bakamla Amrein, S.E, Kepala Biro Umum Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono, S.E, Kepala Biro Perencanaan Laksma Bakamla Eko Jokiwiyono, S.E., M.Si. Direktur Latihan Laksma Bakamla Yehezkiel Katiandagho, S.E., M.M., dan Kasubdit Kerjasama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Sc.

Reporter : Agung

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368