Tingkatkan Swasembada Pangan, Dandim 0403/OKU Panen Raya Padi Bersama Masyarakat OKU Timur


Jurnalhitz.com - Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo S.Sos. melakukan panen raya padi bersama Babinsa dan masyarakat Dusun Iling-Iling Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang Timur, Kab. Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Selasa (2/7/2019).

Pada musim panen kali ini, puluhan hektare areal persawahan melakukan panen bersama. Beberapa Kelompok Tani di Desa Srikaton sendiri merupakan binaan TNI AD dari Kodim 0403/OKU dalam rangka peningkatan swasembada pangan sejak awal musim tanam hingga musim panen ini.

Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo S.Sos. mengungkapkan, panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI mendapatkan hasil yang optimal. TNI sebagai pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal.  “Kami apresiasi atas pelaksanaan kegiatan panen raya padi kepada masyarakat Desa Srikaton ini, dimana anggota Kelompok Tani yang selalu bahu-membahu dan saling bekerjasama untuk menyukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah”, ujar Dandim OKU.

Menurutnya jika masyarakat rajin dan ada niat, Insya Allah masyarakat pasti makmur dan TNI akan selalu memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Hasil panen yang maksimal ini diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Desa Srikaton sendiri. Sejak awal musim tanam lalu, Babinsa Kodim 0403/OKU sudah melakukan pendampingan, menurutnya areal sawah yang dipanen tersebut juga mendapat perhatian khusus sekaligus penerapan pupuk organik Bios 44 yang merupakan pupuk hasil karya TNI AD untuk petani Indonesia.

“Lahan yang dipanen juga menggunakan pupuk Bios 44 yang merupakan pupuk hasil karya Korem 044/Garuda Dempo yang sudah teruji keberhasilannya. Kita berharap hasil panen masyarakat terus meningkat dan TNI akan selalu melakukan pendampingan”, terang Letkol Agung.

Untuk memdapatkan hasil panen yang maksimal, lanjut Dandim, lahan pertanian itu harus dikelola secara profesional, artinya jangan sampai lupa dengan ilmu yang ada, dibutuhkan ilmu pertanian dan disesuaikan dengan tehnologi yang ada. “Teknologi pertanian juga harus kita kembangkan, terkait dengan kebutuhan pertanian. Sekarang ini sudah ada sinergitas yang dilaksanakan oleh Pemerintah dengan TNI untuk pendampingan tentang pertanian, mulai pengawalan pendistribusian pupuk dan sebagainya”, pungkas Dandim OKU.

Reporter
: Sugeng