Serda Sunardi Laksanakan Pendampingan Pertanian Bantu Petani Lakukan Pemupukan


Jurnalhitz.com - Babinsa Desa Gandong Serda Sunardi anggota Koramil 0807/11 Bandung Kodim 0807/Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian dengan membantu anggota Poktan Lohjinawi melakukan pemupukan tanaman padi di lahan Ibu Suparmi di Dusun Morosebo Desa Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Sabtu (06/07/2019).

Tujuan pemupukan ini untuk menjaga kesuburan tanaman padi sebagai salah satu langkah proaktif yang efektif dalam merawat tanaman padi. Kegiatan pemupukan padi dilakukan beberapa tahap, dari mulai padi berumur 1 minggu sampai dengan padi siap untuk panen. Pagi hari ini, Serda Sunardi bersama petani memberikan pupuk di tanaman padi yang sudah mulai dewasa sebagai nutrisi tambahan agar tanah subur demi tumbuh kembang tanaman padi.

Pemupukan merupakan salah satu wujud upaya khusus pendampingan Babinsa kepada para petani. Babinsa bukan hanya mendampingi petani dalam hal pemupukan saja namun Babinsa juga melaksanakan upaya khusus pendampingan kepada petani dari awal olah tanah hingga masa panen. Keikutsertaan Babinsa dalam pertanian merupakan upaya khusus TNI untuk mensukseskan program swasembada pangan yang akan terus dilakukan di wilayah binaan. Selain itu kebersamaan Babinsa dalam membantu petani merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Serda Sunardi berharap dengan adanya pemupukan ini dapat membuat tanaman padi tumbuh subur. Dengan perkembangan yang optimal, diharapkan dapat menghasilkan gabah yang melimpah untuk para petani pada saat masa panen. “Semoga padinya tumbuh subur, biar hasil panen petani melimpah.” ungkap Serda Sunardi.

Reporter : Sugeng