Polres Tulungagung Gelar HUT Bhayangkara ke-73 di Kodim Tulungagung


Jurnalhitz.com - Polres Tulungagung menggelar acara Syukuran Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 Tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman Makodim 0807/Tulungagung Jl. Jaksa Agung Suprapto No 17 Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Jumat (12/07/2019).

Acara syukuran tersebut dihadiri Plt. Bupati Tulungagung Drs Maryoto Bhirowo M.M Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar S.I.K, Komandan Kodim 0807 Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar S.I.P, Forkopimda Kabupaten Tulungagung PJU Polres Tulungagung, PJU Kodim 0807 Tulungagung, Pj. Ketua Bhayangkari Tulungagung, Ketua Persit KCK Cabang XXI Kodim Tulungagung dan para tamu undangan lainya.

Kapolres Tulungagung saat membacakan sambutan Kapolri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menuturkan bahwa peringatan hari bhayangkara terkait erat dengan terbitnya penetapan pemerintah nomor 11 tahun 1946, melalui penetapan tersebut, jawatan kepolisian negara yang berada dalam semula lingkungan kementerian dalam negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri yang langsung berada di bawah perdana menteri atau presiden, selaku kepala pemerintahan, peristiwa yang terjadi pada 1 juli 1946 tersebut juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional.

Kegiatan yang dilakukan di markas TNI tersebut bertujuan untuk menjalin sinergitas antara TNI dan Polri. Kegiatan HUT Bhayangkara ke 73 tersebut merupakan suasana baru karena dilaksanakan di markas Kodim 0807/Tulungagung. Ini dilakukan agar TNI dan Polri TNI semakin solid.

Pada kesempatan itu dirinya juga memberikan penghargaan kepada beberapa anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang berprestasi serta pemberian penghargaan kepada pemenang lomba foto/vlog HUT Bhayangkara.

Puncak acara Syukuran Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73 Tahun 2019 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Plt. Bupati Tulungagung bersama Kapolres Tulungagung dan Komandan Kodim 0807 Tulungagung, dimana potongan tumpeng tersebut diberikan kepada personil tertua dan termuda dari Polres Tulungagung.

Reporter : Sugeng