Pendekatan dengan Masyarakat, Babinsa Koramil 0906-11 Kahala Gelar Komsos Bersama Para Pemuda


Jurnalhitz.com - Komunikasi sosial (Komsos) adalah bagian dari pembinaan teritorial (Binter) yang harus dilaksanakan setiap prajurit di satuan kewilayahan babinsa terus melakukan pendekatan kepada masyarakat di wilayahnya seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0906-11/Kahala Serda Jainudin dengan melaksanakan Komsos bersama pemuda di Jalan Inpres Rt. 05,  Desa Kahala hulu,  Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara. Senin (8-7-2019).

Serda jainudin berpesan kepada pemuda agar selalu menjaga komunikasi dengan aparat baik itu Babinsa ataupun Pemerintah Desa.

“Sebagai pemuda kampung, sudah sepatutnya menjadi contoh dan penggerak masyarakat dalam memajukan kampungnya. Salah satunya dengan menjaga keamanan dengan selalu berkoordinasi dengan pihak aparat seperti Babinsa dan Pemerintah Desa setempat,” ujar Serda Jainudin.

“Kalian para pemuda juga wajib menjadi pemecah masalah yang terjadi di kampung ini. Dan secara tidak langsung para pemuda juga memiliki tugas untuk memantau keamanan wilayah desa sebagai upaya untuk mewujudkan desa yang kondusif,” imbuh Serda Jainudin.

Danramil 0906-11/Kahala Kapten Arm Sarifudin mengatakan tujuan Komsos untuk mendekatkan Babinsa dengan warga masyarakat khususnya para Pemuda atau Pemudi guna menciptakan komunikasi dan hubungan kerja yang bersinergi. selain itu Babinsa ajak warga  agar menjaga kondusifitas wilayah serta ketertiban lingkungan dan kebersihan lingkungan untuk kesehatan masyarakat di wilayah tugas masing-masing Babinsa.

Sehingga, setiap kegiatan dapat dikoordinasikan guna mencapai hasil yang maksimal. Selain itu sebagaimana kita ketahui bersama bahwa seorang aparat kewilayahan yang bertugas di wilayah diwajibkan harus mampu membaur dengan masyarakat dari berbagai kalangan.

“Kegiatan komunikasi sosial yang dilakukan Babinsa tersebut merupakan salah satu pelaksanaan metode Binter TNI AD yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan TNI rakyat sehingga nantinya ke depan akan mempermudah dalam melakukan koordinasi guna menangani permasalahan yang timbul di wilayah,” tutup Kapten Arm Sarifudin.

Reporter : Sugeng