Kodim 0807/Tulungagung Dampingi Plt Bupati Ikuti Deklarasi Damai Pilkades


Jurnalhitz.com - Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P berserta Forkopimda dampingi Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M mengikuti pelaksanaan Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2019 Kabupaten Tulungagung yang diselenggarakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Jl. R.A Kartini No 7 Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Selasa (02/07/2019).

Sebanyak 662 calon kepala desa (cakades) dari 239 desa se Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menggelar deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak. Mereka menandatangani deklarasi damai secara simbolis dihadapan Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M dan unsur Forkopimda Tulungagung.

"Calon kepala desa dengan semangat persatuan dan kesatuan menyatakan siap menciptakan Pilkades yang aman, tertib, dan damai di Kabupaten Tulungagung.” ucap para cakades serempak.

Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M meminta kepada seluruh cakades dan panitia agar ikut menyukseskan Pilkades serentak yang akan digelar pada 09 Juli 2019 mendatang. Ia berpesan bahwa dalam kompetisi apapun, termasuk Pilkades akan ada yang kalah dan menang. Yang menang jangan berbangga hati karena perjuangan baru akan segera dimulai, sedangkan yang kalah jangan berkecil hati.

“Mari kita sukseskan Pilkades serentak 2019 dan dikawal sehingga berjalan dengan baik, lancar, aman, sukses, dan kondusif.” ajak Plt. Bupati Tulungagung.

Ia juga memastikan, untuk mewujudkan Pilkades Serentak 2019 yang aman dan lancar, TNI dan Polri juga dipastikan bersikap netral di setiap pelaksanaan Pilkades. TNI Polri siap membantu mengamankan proses Pilkades.

Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar, SIK meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Penyelenggaraan kegiatan pesta demokrasi Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Tulungagung harus dijaga dengan baik agar tidak ada oknum yang mencoba membuat kegaduhan selama prosesi Pilkades. Ia menghimbau kepada semua elemen agar menciptakan kondisi yang sejuk baik sebelum ataupun sesudah Pilkades.

"Pilkades harus dijaga dengan baik, jangan ada oknum yang mencoba membuat kegaduhan. Ciptakan kondisi yang sejuk baik sebelum ataupun sesudah Pilkades." ungkap Kapolres Tulungagung.

Sementara itu, Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P mengatakan bahwa selama proses pesta demokrasi Pilkades Serentak Tahun 2019 Kodim Tulungagung dibantu pasukan BKO dari satuan jajaran Korem 081/DSJ akan mengamankan jalannya prosesi Pilkades Serentak. Ia juga menghimbau agar para panitia Pilkades untuk bersifat netral dan ikut serta menjaga kelancaran, ketertiban dan keamanan prosesi Pilkades. Ia berharap semua lapisan masyarakat dapat saling menjaga kebersamaan dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkades yang dilaksanakan secara serentak tersebut.

"Bersama Polres dan Pemkab Tulungagung kami akan mengamankan prosesi Pilkades Serentak Tahun 2019. Dalam pengamanan, kami dibantu pasukan BKO dari jajaran Korem 081/DSJ." tegas Dandim.

Reporter : Sugeng