BLANTERVIO103

Wujudkan Program Desa Bersinar, Muspika Tanjung Morawa Deklarasi Tolak Narkoba

Wujudkan Program Desa Bersinar, Muspika Tanjung Morawa Deklarasi Tolak Narkoba
7/07/2019

Jurnalhitz.com - Muspika Tanjung Morawa mengambil peran aktif dalam mewujudkan program Desa Bersinar (Bersih Narkoba). Hal itu dilakukan untuk menyikapi fenomena masuknya narkoba ke desa.

Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini bangsa Indonesia mempunyai 40 persen generasi muda milenial usia produktif. Harapannya, tahun 2035 sampai 2040 mereka bisa lebih produktif untuk kepentingan bangsa dan negara.

Untuk itu, marilah kita bersama-sama menjaga generasi muda jangan sampai hancur karena Narkoba.
Demikian disampaikan Danramil 16/TM Mayor Kav Prima Wahyudi,saat "Pencanangan Desa Bersih Narkoba" dan Deklarasi Tolak Narkoba di Kantor Desa Dagang Kerawan Kec.T.Morawa Kab. Deli Serdang, Sumut, Jum'at (05/07/2019).

Sebelumnya, Rabu (03/07/2019) Muspika Kecamatan Tanjung Morawa juga proklamirkan Desa Bersih Narkoba ( Bersinar) di Desa Punden. "Kegiatan hari ini lanjutan dari Desa Bersinar beberapa hari lalu, "ungkap Danramil 16/TM.

Saat ini, kata Prima, Sumut tidak hanya menjadi wilayah transit peredaran narkoba. Namun juga sudah menjadi konsumen narkoba yang masuk dari pantai timur Sumatera serta provinsi yang dekat seperti Aceh dan Riau.

Menurutnya, Sumut seperti kita ketahui bersama tidak hanya menjadi transit peredaran narkoba, yang sekarang menjadi konsumen yang masuk dari Aceh maupun Riau."Untuk itu dengan adanya Desa Bersinar akan mencegah penyalahgunaan Narkoba dan jangan sampai generasi Milenial jadi korban penyalahgunaan dan pencandu narkoba," kata Prima.

Selain mengingatkan untuk menghindari narkoba,Danramil 16/TM juga berpesan kepada para generasi Milenial untuk belajarlah dengan baik dan jangan sia-sia-kan masa muda, raihlah masa depan tanpa Narkoba.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama instansi terkait dan komponen masyarakat berkomitmen memerangi penyalahgunaan narkoba di masyarakat.Karena disinyalir peredaran narkoba sudah sampai ke pedesaan.

Untuk itu, Danramil 16/TM bersama Muspika mengajak aparat kewilayahaan dan elemen masyarakat di pedesaan bersama-sama memberantas kejahatan narkoba. Dicanangkannya Desa Bersinar,saat ini desa sudah menjadi perhatian pemerintah karena, sindikat narkoba dengan berbagai cara masuk ke masyarakat desa.

"Pola sindikat narkoba yaitu selalu meregenerasi pemakai,dengan berbagai cara dilakukan agar masyarakat hancur dibuat Narkoba, "jelas Prima.

Maka dari itu,Muspika Tanjung Morawa tidak mau kecolongan dengan membiarkan pengedar narkoba bebas beraktivitas meracuni warga desa. Salah satu cara melawan praktik kejahatan tersebut, Muspika Tanjung Morawa mencanangkan Desa Bersinar menindaklanjuti program Desa 'Bersinar' dari BNN.

"Program Desa Bersinar dengan membentuk relawan-relawan di desa tersebut untuk memberantas peredaran gelap narkoba dengan Membentuk relawan-relawan perlu dukungan, dukungan itu dengan memberdayakan 3 pilar yaknikepala Desa,Babinsa dan Bhabinkamtibmas,"tandas Prima.

Hadir pada kegiatan ini, Danramil 16/Tanjung Morawa Kodim 0201/BS Mayor Kav Prima Wahyudi,SH, Camat Tanjung Morawa Edy Yuduf SIP. MSI, Kapolsek Tanjung Morawa AKP Ilham Harahap. SH. MH,personel Koramil 16/TM, personel Bahbinkamtibmas Polsek Tanjung Morawa, Kades Se-Kec Tanjung Morawa,tokoh masyarakat (Tomas), tokoh agama (Toga), tokoh pemuda (Toda), Karang Taruna dan Remaja Mesjid Desa Dagang Kerawan, BPD Desa Dagang Kerawan, LKMD Desa Dagang Kerawan, Para Kadus Desa Dagang Kerawan,dan ibu-ibu perwiritan Desa Dagang Kerawan.

Pada kegiatan Pencanangan Desa Bersih Narkoba ini juga dilaksanakan pembentukan Duta Anti Narkoba serta Deklarasi Menolak Peyalahgunaan Narkoba di Kec.T.Morawa Kab. Deli Serdang, Sumut.

Menariknya dikegiatan ini, Febriansyah Putra selaku masyarakat yang pernah terlibat penyalahgunaan Narkoba memberikan sambutan dan testimoni. Ia mengajak para generasi bangsa Indonesia agar menjauhi Narkoba dan jangan sampai terlibat Narkoba.

Selain itu,di tampilkan juga 2 (dua) orang muda-mudi remaja masyarakat sebagai "Duta Anti Narkoba" Desa Dagang Kerawan Kec. T.Morawa.

Dengan adanya kegiatan ini,mendapat tanggapan masyarakat. Mereka sangat antusias, menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap kegiatan Tolak Anti Narkoba bisa terealisasi kepada desa lain untuk sama-sama menjadikan Narkoba musuh bersama.

Kegiatan desa bersih narkoba tersebut akan di tindak lanjuti dengan program nyata dan terjadwal yakni Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Tes Urine acak serta kegiatan olahraga bersama dan keagamaan.

Reporter : Sugeng






Share This Article :
editor01

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368