Terkait Putusan Sidang Sengketa Pilpres 2019 Mahkamah Konstitusi, Kodim Tulungagung Siagakan Ratusan Personel


Jurnalhitz.com - Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P mengambil apel kesiapsiagaan satuan terkait rencana Mahkamah Konstitusi yang akan mengumumkan sidang putusan Sengketa Pilpres 2019 pada hari ini Kamis 27 Juni 2019 sebagai bentuk antisipasi perkembangan situasi yang diikuti oleh ratusan personel Kodim 0807 Tulungagung di halaman Makodim Tulungagung Jl. Jaksa Agung Suprapto No 17 Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Kamis (27/06/2019).

Dandim Tulungagung saat mengambil apel gelar kesiapsiagaan menjelaskan bahwasanya kegiatan apel siaga ini merupakan perwujudan perintah dari komando atas yang dilakukan Kodim Tulungagung dengan melakukan pengecekan serta kesiapan personel. Apel ini juga untuk mengantisipasi bangsit jelang Pengumuman putusan Sengketa Pilpres 2019 Kamis 27 Juni 2019. Rencananya para personel Kodim Tulungagung tersebuat akan melaksanakan siaga on call selama 2 hari yakni hari ini dan esok hari.

"Apel gelar kesiapsiagaan ini merupakan bentuk tugas dari komando atas terkait perkembangan situasi Pengumuman Putusan Mahkamah Konstitusi." kata Dandim.

Lanjut kata Dandim, para personel yang masuk dalam siaga on call ini mendapat instruksi langsung untuk monitoring atau memantau situasi di wilayah Kabupaten Tulungagung dan selalu siap gerak jika sewaktu-waktu ada perintah yang membutuhkan para personel untuk geser pasukan.

"Selama pelaksanaan siaga, saya instruksikan untuk selalu aktif dalam memantau perkembangan situasi di lingkungan masing-masing dan selalu monitor petunjuk dari Kodim sehingga jika sewaktu-waktu ada perintah bisa langsung berkumpul." ujar Dandim.

Selain siaga on call tersebut, Kodim Tulungagung bersinergi dengan Polres Tulungagung melaksanakan pengamanan di kantor KPU, Bawaslu dan juga melaksanakan patroli gabungan di tempat-tempat strategis serta obyek vital guna menjaga stabilitas keamanan pasca putusan sengketa pemilu 2019 oleh Makamah Konstitusi (MK) di Jakarta.@Sugeng