Jelang Pengumuman Sidang Sengketa Pilpres 2019, Personel TNI Nganjuk Disiagakan


Jurnalhitz.com - Mahkamah Konstitusi akan mengumumkan sidang putusan Sengketa Pilpres 2019 hari ini Kamis 27 Juni 2019. Pada pengumuman nanti, santer terdengar akan ada pergerakan massa menuju ibukota daerah maupun ibukota negara.

Untuk antisipasi perkembangan situasi, seluruh personil Kodim 0810 Nganjuk diperintahkan untuk siaga. Bahkan Separo Kekuatan prajurit telah disiapkan Setiap Saat Siap Bergerak.

Ini dikatakan langsung oleh Pasi Ops Kodim 0810/Nganjuk, Kapten Inf M. Nuril A saat gelar apel siaga mengantisipasi perkembangan situasi (bangsit) sebelum pengumuman sidang putusan Sengketa Pilpres 2019 Kamis 27 Juni 2019, di Makodim 0810/Nganjuk Jl. Panglima Sudirman No 11 Nganjuk, Kamis (27/06/2019).

Kapten Nuril mengatakan bahwa kegiatan apel siaga ini atas perintah dari komando atas sehingga perlu dilakukan pengecekan serta kesiapan personel. Apel ini juga untuk mengantisipasi bangsit jelang Pengumuman putusan Sengketa Pilpres 2019 Kamis 27 Juni 2019.

"Selaku prajurit kita wajib menunaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan kita siap mengantisipasi setiap perkembangan Pengumuman Putusan Mahkamah Konstitusi," kata Kapten Nuril saat memberikan arahan.

Ditempat terpisah Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo S.H., M.M, menegaskan bahwa siaga ini dilaksanakan juga oleh seluruh Koramil jajaran Kodim 0810/Nganjuk. Setiap jajaran Kodim 0810/Nganjuk diinstruksikan untuk monitoring atau memantau situasi di wilayah Kabupaten Nganjuk.

"Tentunya selama pelaksanaan siaga, TNI tetap menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan tahapan pemilu yang sedang berlangsung dengan memegang teguh Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit," ujar Dandim 0810/Nganjuk nya.

Letkol Joko Wibowo juga meminta kepada Prajurit Kowil untuk tetap selalu melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) melalui pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah masing-masing untuk ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban. Juga minta agar tidak terpengaruh dan terprovokasi melakukan tindakan yang anarkis yang melanggar hukum. Pungkas Dandim 0810/Nganjuk.@Sugeng