Dandim 0912/Kutai Barat Kunjungan Kerja ke Koramil Perbatsan RI-Malayasia


Jurnalhitz.com - Demi mengunjungi prajuritnya Dandim 0912/Kutai Barat (Kubar) kunjungi Komando Rayon Militer (Koramil) di kawasan perbatasan RI-Malaysia, yakni Koramil 0912 - 01 Long Apari di bawah garis Kodim 0912/Kutai Barat Korem 091/ASN wilayah Kodam VI/Mulawarman, Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur, Kamis (20/62019).

Dalam kunjungan kerja tersebut Dandim juga melihat langsung perkembangan daerah binaan Koramil Perbatasan dan melaksanakan Jam Dan.

Dandim 0912/Kubar Letkol Inf Anang Sofyan Effendy mengatakan "Koramil merupakan komando kewilayahan terdepan guna melakukan pembinaan potensi wilayah dengan segenap aspeknya, sehingga Koramil harus menjadikan wilayah sebagai ruang, alat dan kondisi juang bagi kepentingan pertahanan negara,"

Untuk itu, aparat kewilayahan setiap saat harus berada di tengah masyarakat, bekerjasama dengan rakyat, dan memantau setiap perkembangan guna mengantisipasi kemungkinan munculnya potensi kerawanan sosial yang bisa berakibat pada terganggunya rasa aman bagi masyarakat.

"Hal ini akan dapat terwujud jika anggota Koramil khususnya Babinsa yang merupakan ujung tombak Satuan Kewilayahan, memiliki mental dan motivasi juang yang tangguh serta profesionalisme yang dapat diandalkan apalagi di daerah perbatasan RI-Malaysia ," tuturnya.

Dandim juga mengatakan bahwa tugas-tugas pembinaan berada di pundak aparat kewilayahan terdepan, sehingga semua harus bertanggung jawab untuk terus melakukan pembinaan agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi dalam upaya bela negara.

"Teruslah melangkah dalam pengabdian, karena suatu saat nanti akan hadir sebuah mutiara yang indah dalam hidup ini. ", tutupnya.@Sugeng