Babinsa Koramil 13/Mungkid Turut Lestarikan Ekosistem Sungai Elo


Jurnalhitz.com - Usaha untuk melestarikan ekosistem sungai yang ada diwilayah binaanya, Babinsa Koramil 13/Mungkid  bersama Bhabinkamtibmas dan Dinas Perikanan Kabupaten Magelang serta masyarakat binaannya menabur ribuan benih ikan Mas, nila dan mujair di Sungai Elo, Dusun Pare,Desa Blondo Kecamatan Mungkid, Jumat (28/06).

Sungai Elo bagi masyarakat yang tinggal dipinggiran sepanjang sungai tersebut mempunyai peranan penting dalam menopang kehidupan sehari-hari  juga sebagai tempat rekreasi, tempat mancing,  karena tidak perlu merogoh kocek alias gratis, serta bisa sekedar menghilangkan kepenatan giat rutinitas sehari-hari.

Danramil Mungkid yang diwakil Serma Kiswoto berharap, masyarakat setempat harus bisa menjaga ikan yang ditabur saat ini, agar benih ikan mas, nila dan mujair yang ditabur ini bisa menjadi biak dan dapat dimanfaatkan masyarakat Desa dan sekitarnya.

Serma Kiswoto berpesan  kepada masyarakat binaannya, untuk tidak melanggar UU No. 31 tahun 2004 dan No. 45 tahun 2009 tentang perikanan, demi menjaga kelestarian lingkungan.

Apabila ada masyarakat yang melanggar UU tersebut, menangkap ikan mengunakan bahan kimia, racun, tuba atau sejenisnya, menggunakan stroom listrik atau aki, menggunakan alat bantu lainya yang merusak sumber daya ikan dan lainya akan dikenakan kurungan penjara selama lima tahun, denda sebanyak Rp. 2 miliyar," kata Babinsa.

Jangan sampai bersentuhan dengan hukum, karena dalam jangka satu tahun kedepan, benih Ikan mas, nila dan mujair ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar.

Serka Kiswoto menambahkan "Agar masyarakat turut nguri uri sungai yang ada disekitar kita sehingga ekosistem yang ada tetap terpelihara, dan berpesan agar ikan ini bisa dikonsumsi namun setelah besar nanti dan berkembang biak."

 Kades Blondo Suharto (55)  sangat berterima kasih atas kegiatan ini sehingga masyarakat pencinta mancing dapat lebih bergairah untuk memelihara sungai.@Sugeng