BLANTERVIO103

Anggota Koramil 0807/04 Bantu Petani Jemur Gabah Pasca Panen

Anggota Koramil 0807/04 Bantu Petani Jemur Gabah Pasca Panen
5/26/2019

Jurnalhitz.com - Babinsa Desa Srikaton Serda Ichwan Mustofa anggota Koramil 0807/04 Ngantru Kodim Tulungagung membantu petani mengeringkan gabah di rumah Bapak Suwito warga Dusun Karang Anom RT 19 RW 08 Desa Srikaton Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Minggu (26/05/2019).

Proses menjemur menjemur padi di jalan atau di pelataran rumah merupakan rutinitas para petani pasca panen yang telah berpuluh-puluh tahun biasa dilakukan para petani. Kegiatan pengeringan padi seperti ini sangat bergantung dengan sinar matahari.

Bagi petani dalam sistem pertanian konvensional, masa-masa panen saat musim hujan akan menjadi persoalan tersendiri yang akan terus berlarut apabila tidak segera melakukan upaya modernisasi. Apalagi, gabah yang disimpan tanpa pengeringan terlebih dahulu akan mudah rusak dan menurunkan mutu hasil panen.

Musim panen yang sering kali bertepatan dengan musim hujan menyebabkan turunnya kualitas gabah karena tingginya kadar air. Imbasnya harga jual gabah atau beras petani juga mengalami penurunan.

Serda Ichwan berharap para petani di wilayah binaannya semakin sejahtera, ia juga mendorong para pelaku usaha tani untuk dapat memberikan nilai tambah bagi hasil panennya. Salah satunya dengan melakukan pengemasan produk-produk pertanian, sehingga dapat langsung dipasarkan sendiri tanpa harus melewati rantai perdagangan yang cukup panjang.

"Mesin pengemasan juga penting, sehingga keluar dari mesin itu sudah dalam bentuk kemasan-kemasan yang siap dijual atau dipakai sendiri." ujar Babinsa Desa Srigading tersebut.@Sugeng



Share This Article :
editor01

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368