Pusat Informasi Dibuka, KPU Menyatakan Terbuka dan Siap Menerima Evaluasi dari Masyarakat


Jurnalhitz.comKomisi Pemilihan Umum membuka pusat informasi penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019. Pusat informasi tersebut berlokasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua KPU Arief Budiman pun mempersilakan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

"Di layar ini tampilan real time, real count yang dilakukan oleh KPU kabupaten/kota berdasarkan hasil penghitungan suara di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Ketua KPU Arief Budimam saat membuka pusat informasi tersebut, Sabtu (20/4/2019).

Dengan dibukanya pusat informasi ini, KPU menyatakan terbuka dan siap menerima evaluasi dari masyarakat apabila memang ditemukan kesalahan dalam proses penghitungan serta rekapitulasi suara. Pusat informasi tersebut terbuka untuk umum mulai hari ini hingga diumumkannya hasil real count pada 22 Mei 2019.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengapresiasi peluncuran pusat informasi tersebut serta mengajak masyarakat untuk mengawasi proses rekapitulasi suara mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional.

"Kami harap semua pihak bersabar menunggu hasil akhir rekapitulasi yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum pada 22 Mei. Harapan kami, seluruh pihak sabar menunggu apapun hasil akhir yang ada di Komisi Pemilihan Umum," tandas Arief.

Turut hadir dalam peluncuran pusat informasi perhitungan dan rekapitulasi suara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara serta perwakilan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. @agung