BLANTERVIO103

Kodam I/BB Berlakukan Status Siaga 1 Guna Antisipasi Terjadinya Konflik

Kodam I/BB Berlakukan Status Siaga 1 Guna Antisipasi Terjadinya Konflik
4/20/2019

Jurnalhitz.com - Kodam I/Bukit Barisan memberlakukan status Siaga 1 kepada seluruh jajarannya yang meliputi empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kepri).

Status Siaga 1 ini berkaitan dengan proses pengamanan Pemilu 2019, mulai dari masa minggu tenang, masa pencoblosan hingga masa penghitungan surat suara yang saat ini tengah berlangsung.

Hal ini disampaikan Asisten Operasi Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Togu Parmonangan saat memimpin apel kesiapsiagaan dan pengecekan personil pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Apel Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Jumat (19/4/2019).


Siaga 1 semua dalam kondisi siap siaga, terutama dalam menghadapi pengamanan Pemilu 2019, dari mulai masuk masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara," ujar Asops Kasdam I/Bukit Barisan.


Ditegaskan Kolonel Inf Togu Parmonangan, TNI khususnya Kodam I/Bukit Barisan sampai saat ini memastikan belum terlihat adanya potensi gangguan yang muncul setelah pelaksanaan pencoblosan pada Rabu 17 April 2019 kemarin.

Namun begitu, TNI dan dengan aparat terkait lainnya harus tetap waspada guna mencegah segala potensi konflik yang muncul. "Kita masih mengantisipasi segala sesuatu yang mungkin terjadi,” imbuhnya.


Di sisi lain, Kolonel Inf Togu Parmonangan mengatakan, aparat telah membagi zona yang sudah disiapkan untuk pasukan cadangan guna membantu mengatasi, mitigasi, dan cegah potensi konflik yang terjadi.


"Kita sekarang ini menunggu kebijakan pimpinan tertinggi TNI apa yang akan diberlakukan, menyusul perkembangan situasi kekinian yang disiarkan di media televisi, elektronik, online maupun cetak," ungkapnya.

Apel kesiapsiagaan ini diikuti oleh seluruh prajurit se garnizun Kota Medan sekitarnya. Tampak hadir di acara, antara lain para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, Danyon BS dan para Perwira Staf, Tamtama dan Bintara.

Pewarta : Sugeng
Share This Article :
editor01

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368