BLANTERVIO103

Kembangkan Desa Maritim Cemaga Natuna, Bakamla Segera Bentuk Poksimar

Kembangkan Desa Maritim Cemaga Natuna, Bakamla Segera Bentuk Poksimar
4/24/2019

Jurnalhitz.com - Dalam rangka pengembangan Desa Maritim di Cemaga Natuna, Bakamla melalui Subdit Kerja Sama Dalam Negeri (KSDN) dan Subdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut (P2K2L) akan melaksanakan kegiatan Ceramah Maritim Pencegahan Tindak Kejahatan dan Keamanan di Laut serta pembentukan Kelompok Potensi Maritim (Poksimar) di Desa Maritim Cemaga.

Rencana itu disampaikan Kasubdit KSDN Kolonel Bakamla Eli Susiyanti,S.H., M.H., M.M., pada saat bertemu dengan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna Tasrif, S.Sos., M.Si., di ruang kerjanya, Natuna, Selasa (23/4/2019).

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada Rabu (24/4) ini, merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja sama Bakamla dengan Pemerintah Natuna dalam pengembangan Desa Maritim Bakamla di Desa Cemaga Natuna.

Lebih lanjut Eli mengatakan, dalam kegiatan tersebut nantinya juga akan diberikan alat bantu komunikasi kepada Poksimar dan juga sosialisasi dalam penggunaan alat komunikasi tersebut.
"Dengan pemberian alat komunikasi ini, besar harapan kami adanya peran aktif masyarakat nelayan dalam menyampaikan informasi kegiatan illegal di wilayahnya kepada Bakamla maupun stakeholder", ujar Eli.

Lebih lanjut dikatakannya pula, bahwa ke depan akan ada pelatihan hasil kerja sama antara Bakamla dengan STIP Jakarta untuk masyarakat maritime, khususnya untuk masyarakat nelayan Natuna yaitu pelatihan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST KLM) dan pelatihan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) Nautika dan Teknika yang nantinya akan diterbitkan Sertifikat secara gratis.

Menanggapi hal tersebut, Tasrif  menyampaikan rasa terima kasih atas nama Pemerintah Daerah Natuna, “Terima kasih kepada Bakamla yang sudah membina masyarakat nelayan di Desa Cemaga, semoga kedepan kegiatan serupa juga dapat dilaksanakan di daerah lainnya di Natuna", ujarnya.

Kegiatan ceramah maritime dan pembentukan Poksimar yang dijadwalkan berlangsung esok hari tersebut melibatkan antara lain Kepala Seksi Kerja sama Non Pemerintah Mayor Bakamla Ariana Listyawati, S.Pd, Kepala Seksi Potensi Keamanan Laut Mayor Bakamla Leni Marlena Hasibuan, S.E., M.Pd., Plh. Kepala SPKKL Natuna Sertu Bakamla Sriyanto dan dua staf lainnya.

Pewarta : Sugeng





Share This Article :
editor01

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368