BLANTERVIO103

Antusiasme WNI di Mesir Gunakan Hak Pilih di KBRI Kairo

Antusiasme WNI di Mesir Gunakan Hak Pilih di KBRI Kairo
4/15/2019

Jurnalhitz.comRibuan masyarakat Indonesia di Mesir berbondong-bondong berkumpul di halaman kantor KBRI Kairo guna memilih Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II. Sejak pagi hari seluruh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) telah terlihat siap menyambut kedatangan pemilih. Sesuai jadwal yang ditetapkan PPLN, Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka mulai pukul 08.00 s.ampai 18.00 waktu setempat.

Dari total 7.671 calon pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Mesir, sebanyak 6.491 orang telah melaksanakan hak pilihnya baik melalui TPS di KBRI Cairo, maupun melalui metode Kotak Suara Keliling, dan via pos. Target Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Mesir sebesar 75%  jauh terlampaui dengan prosentase pemilih yang mencoblos sebanyak 84,2%.

Dubes RI KBRI Kairo untuk Mesir, Helmy Fauzy menilai suasana pencoblosan yang cukup meriah menunjukkan antusiasme masyarakat Indonesia di Mesir. "KBRI Kairo senantiasa berusaha menghadirkan suasana damai dan gembira dalam pesta demokrasi ini" ujar Dubes Helmy.

"Saya berharap sampai dengan penutupan jam 6 sore proses pencoblosan dapat berjalan dengan aman dan lancardi KBRI Kairo," tambah Dubes Helmy, Mesir, Sabtu (13/4).

Ketua PPLN, Amin Samad merasa puas dengan kinerja semua panitia karena acara bisa dimulai tepat waktu 08.00 sesuai jadwal. "15 TPS telah disiapkan di KBRI Kairo dengan dihadiri juga oleh saksi dari paslon 01 dan 02 baik dari Tim Kampanye Nasional maupun dari perwakilan Partai pendukung," ujar Amin Samad.

Ditambahkan juga bahwa PPLN secara terus menerus melakukan koordinasi dengan Panwaslu untuk antisipasi berbagai masalah yang mungkin timbul.

Proses pemilihan ini juga mendapatkan perhatian dari sejumlah media utama di mesir, baik TV maupun media cetak dan online. Bahkan 2 stasiun TV yaitu DMC dan CBC menyiarkan secara live proses pencoblosan termasuk wawancara dengan Dubes Helmy.


Kehadiran media Mesir merupakan bagian dari upaya KBRI Kairo untuk lebih memperkenalkan demokrasi Indonesia ke masyarakat Mesir. Selain media lokal, media nasional asal Indonesia juga turut meliput langsung jalannya pemungutan suara yaitu antara lain dari media TV One dan RRI.​ @agung

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368