BLANTERVIO103

Janji Dukung Perajin, Anna Mariana : Dukung Perajin Mana Dekranasda DKI

Janji Dukung Perajin, Anna Mariana : Dukung Perajin Mana Dekranasda DKI
3/21/2019
Foto : Hj. Anna Mariana
Jurnalhitz.com  - Memasuki usia ke-39 Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas), Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda DKI Jakarta menggelar perayaan hari jadinya yang memasuki usia 36 tahun sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas RI di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/03/2019) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua dan Wakil Ketua Harian Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis dan Rusmiati Saefullah serta Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI, Sri Haryati.

Pada kesempatan itu, Fery berharap seluruh pengurus Dekranasda DKI Jakarta saling bekerja sama memberikan dukungan ke para perajin di Ibukota. (baca juga : Memasuki Usia 36 Tahun Dekranasda DKI Jakarta Dukung Para Perajin)

“Ini adalah ikhtiar kita bersama untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di DKI Jakarta,” ujarnya di lokasi.

Menurut Fery, dalam HUT kali ini, pihaknya menyiapkan beragam kegiatan untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi perajn di Ibukota. Termasuk juga mendorong keterlibatan masyarakat dalam mendukung seni kerajinan

Dalam kesempatan yang berbeda WARTALIKA.id mencoba melakukan wawancara tentang Dekrasnasda DKI Jakarta melalui pesan WhatsApp dengan salah satu pengrajin Wastra Songket dan Tenun Hj. Anna Mariana yang dimana salah satu wastranya telah mengeluarkan produk Tenun Khas Betawi.

Hj. Anna Mariana mengungkapkan kekecewaannya melalui pesan WhatsApp di Jakarta, Kamis (21/3) pagi. Dukung pengrajin mana Dekranasda DKI, sama sekali janjinya tidak bisa ditepati.

“Tidak sesuai sama janji-janji nya kampanye nya dulu, akan mendukung pengembangan budaya betawi. Oke Oce apa aja yang sudah di rasakan manfaat masyarakat Betawi, pencitraan doang karena mau jadi Cawapres saja," tegas Anna Mariana.

Saya jalan sendri, kata dia yang penting manfaat untuk masyarakat aja, dan untuk budaya betawi bisa maju dan berkembang di era milenial jaman now, kita harus lebih pintar menginovasikan budaya supaya tidak di tinggalkan anak-anak generasi muda.

Gubernur DKI harus nya mendukung program-program kebudayaan wastra Songket dan Tenun, perlu mendukung budaya-budaya betawi lebih fokus, kita perlu contoh budaya dan wisata di Bali," tegas Anna Mariana.

Lanjutnya Anna Mariana mengungkapkan, dari jamam leluhur sampai saat ini terus bisa bertahan dan bahkan berkembang lebih baik. Budaya adat istiadat, budaya yang berciri khas Bali juga budaya wastra tradisional nya hidup seperti kampung-kampung tenun dan batik bisa lebih berkembang lagi.

“Sehingga bisa mengangkat sektor industri tradisional dan masyarakat pengrajin-pengrajin bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, menjadi kunjungan wisata tenun khas daerah nya juga. Supaya devisa masuk melalui sektor budaya akan baik dan besar," pungkas Anna. @agung

Share This Article :
Jurnalhitz

TAMBAHKAN KOMENTAR

480167967060055368